Pengenalan Setting DD-WRT Sebagai Access Point


Untuk kali ini saya akan mencoba mengulas cara simple setting dd-wrt sebagai AP (access point).Oke langsung saja simak, resapi, pahami.


1. Setting IP komputer agan menjadi 192.168.1.2 subnet 255.255.255.0 dan gateway 192.168.1.1. saya harap agan sudah paham.

2. Silahkan masukan alamat 192.168.1.1 di browser agan bisa pakai chrome,mozilla atau  yang sejenisnya. Login dengan Username dan Password "admin" (username dan password sama) maka akan muncul tampilan seperti ini.



3. Konfigurasikan tipe koneksi agan di kolom WAN Connection Type bisa pilih DHCP, Static IP atau Dial PPPoE. Dalam hal ini saya menggunakan tipe koneksi PPPoE dari server mikrotik.


4. Klik tab Wireless kemudian Basic setting, disitu akan ada pilihan-pilihan mulai dari wireless mode hingga advance setting. Pilih AP pada kolom Wireless mode, mixed pada Wireless network mode, full (20mhz) pada channel width atau bisa juga agan pilih Dynamic (20/40Mhz), kemudian sesuaikan SSID wifi agan pada pada wireless network name dan yang terakhir centang advance mode maka disitu akan muncul banyak pilihan, tapi point penting disini adalah pada kolom Tx Power yang lain biarkan default.
Sesuaikan Tx Power agan sesuai kebutuhan, Tx Power disini merupakan sebuah tweaks untuk meningkatkan power Wifi agan, semakin tinggi nilai dbm akan semakin kuat power wireless agan. Namun ingat ini adalah sebuah tweaks jadi segala resiko apapun bukan tanggung jawab saya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.


5. Lanjut dengan klik tab Wireless Security. Sesuaikan konfigurasi agan seperti gambar berikut.

isi password Wifi agan pada kolom WPA Shared Key minimal 8 huruf atau angka.

Oke sekian pembahasan konfigurasi simple DD-WRT, untuk pembahasan konfigurasi seputar DD-WRT lainnya akan dibahas pada postingan selanjutnya.
Jika ada kesulitan silahkan agan isi kolom komentar dibawah................



Komentar

  1. Salam kenal om... saya baru sj upgare fw tplink wr740n ke dd-wrt... tetapi kenapa saat sy aktifkan password wifi sy terjadi masalah dgn koneksi nya dimn tertulis”Limited Access” sehingga koneksi inet tidak ada... sy sdh coba berulamg kali sy reset factory dan hasilnya tetap sama. Tetapi saat password wifi tdk sy aktifkan inet berjalan lancar.. mohon petunjuknya om sy sdh putus asa saat ini. Thq

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan sudah sesuai tutor diatas om.
      pakai chanel width 20mhz, pastikan security wireless sesuai dgn tutor diatas.
      setelah selsai klik save reboot

      Hapus
  2. Gan setelah saya atur seperti itu kok gak bisa masuk admin lagi ya pliss ???

    BalasHapus
  3. makasih gan artikelnya, jadi pakai PPPoe untuk akses point ya?

    BalasHapus

Posting Komentar